5 Langkah Branding Bisnis Anda

5 Langkah Branding Bisnis

Halloo selamat datang ke website kami Jprint, Tempatnya Jasa Desain Grafis dan Branding Binis Anda. Artikel kali ini kami akan membahas tentang 5 Langkah Branding Bisnis Anda. Bisnis yang besar sadar bahwa branding merupakan bagian penting dalam bidang marketing, untuk itu penting bagi anda memahami langkah-langkah agar branding menimbulkan kesan kuat pada klien.

Baca artikel kami sebelumnya tentang Alasan Pentingnya Branding Bisnis Anda untuk memberi prespektif anda tentang pentingnya branding.

APA ITU PROSES BRANDING

Proses branding ialah langkah-langkah yang anda atur untuk membangun kesan (reputasi) dan meningkatkan kesadaran pelanggan pada brand anda. Baik bisnis besar maupun bisnis yang baru mulai ada baiknya mengerti tentang proses branding.

Persaingan antar bisnis dengan produk yang serupa tidak hanya berusaha memberi tau pelanggan tentang keunggulan produknya saja, tetapi juga bersaing bagaimana membangun brand yang memiliki identitas yang kuat dan unik. Membangun identitas brand mencakup banyak hal seperti palet warna, typoghraphy, logo, dan beberapa elemen desain lainnya.

Sebelum anda memahami 5 Langkah Branding Bisnis Anda, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa yang membuat bisnis anda berbeda dengan kompetitor. Hal ini tidak hanya melulu tergantung pada keunggulan produk anda saja. Selanjutnya jika anda ingin mempelajari lebih dalam tentang langkah-langkah untuk branding silahkan simak cara berikut ini.

5 Langkah Branding Bisnis Anda

Memahami 5 Langkah Branding Bisnis akan membuat anda lebih mudah pada saat melakukan proses branding. Mengerti lah apa saja yang penting dalam branding akan membuat jalan anda lebih terarah. simah langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Kenali Bisnis Anda

5 Langkah Branding Bisnis

Gambar dari Austin Distel

Pertama anda harus mengenali terlebih dahulu bisnis anda. Anda dapat pikirkan sendiri ataupun bersama tim anda pertanyaan pertanyaan penting seperti Brand seperti apa anda ?, Nilai-nilai apa yang ingin anda bangun dalam bisnis anda ?, Apa perbedaan bisnis anda dengan bisnis lainnya ?, serta tujuan utama anda dalam membangun bisnis anda ?.

Memahami dan mengenali bisnis anda merupakan bagian dari strategi branding, karena selanjutnya ini lah hal yang akan anda sampaikan pada pelanggan melalui branding bisnis. Ada beberapa poin yang harus anda pahami lebih dalam antara lain :

  • Bisnis Anda
  • Siapa target audiens anda
  • Lebih dalam tentang keunggulan dan kelemahan produk
  • Posisi anda dengan kompetitor

Pelanggan menilai bisnis dengan visi dan misi yang jelas memiliki kredibilitas yang baik. Visi dan misi pun menjadi arah dari perusahaan yang anda tanamkan pada pegawai anda.

Seperti halnya Jprint, kami dapat menguraikan nilai kami yaitu “Menjadi yang terbesar dan terpercaya dalam membangun visual brand bisnis anda”. Jprint senantiasa membantu anda dalam memenuhi kebutuhan desain dari bisnis brand anda.

2. Riset Market Produk Anda

5 Langkah Branding Bisnis

Gambar dari Loui Kiær

Menentukan posisi bisnis anda merupakan salah satu dari proses branding. Jika anda sedang membangun brand tetapi tidak tau target market atau kompetitor maka anda seperti berjalan di hutan saat malam hari tanpa senter dan peta.

Mengetahui target market berarti anda dapat lebih fokus pada audiens tertentu sehingga anda tau apa yang anda tawarkan dan bagaimana strategi yang tepat. Ada 2 sudut pandang yang penting untuk anda ketahui yang mana saja target market anda:

  • Pelanggan. Selain anda dapat riset lapangan langsung, anda juga bisa memposisikan diri anda pada sudut pandang pelanggan. Pikirkanlah bagaimana anda sebagai pelanggan menghabiskan uang, tempat mereka membeli kebutuhannya, media apa yang mereka senang. Mengetahui sudut pandang pelanggan anda dapat mengoptimalkan strategi branding anda.
  • Kompetitor. Memahami sudut pandang kompetitor berarti mengetahui apa yang menjadi keunggulan mereka, serta celah mana yang bisa anda perbaiki dari strategi kompetitor dan terapkan lebih baik pada bisnis anda. Jika anda ingin menjadi beda dengan kompetitor perhitungkan juga kebutuhan dan keinginan audiensnya.

3. Pembuatan / Pengembangan Identitas Bisnis

5 Langkah Branding Bisnis

Gambar dari Kristian Egelund

Identitas brand adalah bagaimana pelanggan dapat dengan muda mengenali bisnis anda. Hal ini terdiri dari beberapa elemen yang bebeda tetapi saling berhubungan. Brand anda terdiri dari elemen verbal dan visul yang membentuk satu identitas tersendiri. Beberapa elemen penting dalam identitas bisnis :

  1. Logo. Merupakan elemen penting bagi proses branding anda. Ibaratkan logo sebagai wajah dari bisnis anda yang dapat dengan mudah dikenali pelanggan juga sebagai perwakilan utama bisnis anda. Jika logo anda tidak dapat memberikan kesan yang kuat pada pelanggan, anda harus melakukan proses branding yang lebih berat. Kalau anda membutuhkan Jasa Desain Logo Unik, anda dapat menghubungi kami langsung.
  2. Nama Brand. seperti halnya kita manusia, bisnis juga membutuhkan nama panggilan selain dari wajah (logo). Contoh jika anda sedang mengobrol tentang teknologi dan anda menyebutkan apple maka akan langsung terpikirkan brand teknologi yang inovatis dalam bidang laptop dan smartphone.
  3. Typogtaphy. Tulisan atau jenis font dapat menimbulkan kesan tertentu, dengan penggunaan yang konsisten dapat memperkuat proses branding anda. Tetapi saran kami untuk tidak menggunakan terlalu banyak jenis font karena mengurangi kesan yang ingin anda bangun dan terlihat tidak konsisten.
  4. Palet Warna. Penggunaan warna pada semua bentuk visual dari brand mempengaruhi identitas bisnis anda. Warna yang sesuai dengan kompetitor akan menyebabkan anda tidak memiliki pembeda, dan jika anda memaksakan penggunaan warna pada pasar tertentu terkadang dapat merusak brand anda.
  5. Elemen Suara. Identitas Brand memiliki elemen suara yaitu Video, Jingle, ataupun lagu. Suara dari berbagai bentuk ini harus dapat merepresentasikan brand anda.

Mungkin elemen-elemen identitas bisnis ini terdengar sangat sulit untuk anda mengaturnya agar dapat mewakili brand. Tetap tenang dan rapatkan dengan tim secara perlahan karena bentuk visual yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Tidak perlu tergesa-gesa, beberapa brand terus melakukan perbaikan pada proses brandingnya agar sesuai dengan yang target.

4. Membuat Brand Guidelines

5 Langkah Branding Bisnis

Gambar dari You X Ventures

Sebagian bisnis menganggap ini hal tidak penting, tetapi menurut kami dengan memiliki panduan tersendiri terhadap bentuk visual bisnis anda dapat memudahkan dalam memproduksi desain. Brand Guidelines atau panduan penggunaan desain  adalah bentuk panduan tentang tata cara pengunakan aset brand anda.

Secara brand guidelines meliputi :

  • Brand Story
  • Penggunaan Logo (penempatan dan tipe logo)
  • Palet warna (penggunaan kode warna yang konsisten)
  • Typography (jenis-jenis font)

Bayangkan jika tim desain anda terdiri dari banyak orang atau anda memiliki vendor Jasa Desain Grafis yang berbeda setiap bulannya. Pastinya akan sulit untuk mereka mendesain dengan “style” yang konsisten tanpa adanya panduan brand. Anda dapat juga merubah Brand Guidelines anda secara berkala untuk mengikuti tren desain terbaru.

5. Peningkatan Brand Awareness

5 Langkah Branding Bisnis

Gambar dari Tim Gouw

Pada Bisnis brand awareness merupakan tingkat lanjutan setelah anda menciptakan brand. Proses ini membutuhkan strategi branding jangka panjang dan konsisten dalam pelaksanaannya. Perlu adanya pengembangan brand yang konsisten dalam semua bentuk komunikasi tanpa kehilangan identitas utama bisnis anda.

Tinggi rendahnya brand awareness dapat terukur dari cara anda berinteraksi dengan pelanggan, apakah anda sudah memenuhi kebutuhan konsumen ? atau apakah anda peduli dengan masalah pelanggan tehadap bisnis anda. Beberapa perusahaan bahkan telah mengatur kalender tertentu dalam menjalankan campaign.

Penutup

Membangun brand tidak bisa hanya sekejap mata, butuh persiapan yang matang dan konsistensi dalam waktu yang panjang untuk membangun identitas brand yang kuat. Kenali bisnis anda secara spesifik, bangun nilai-nilai yang penting pada konsumen, buat visual brand yang dapat bersaing dengan kompetitor, serta selalu jaga brand awareness anda pada klien.

Melakukan 5 Langkah Branding Bisnis Anda dapat menjadi acuan melakukan proses branding.

Jika anda membutuhkan bantuan terkait pembuatan visual brand kami akan siap selalu membantu anda, kami juga membuka konsultasi gratis terkait Jasa Desain Grafis pendukung berjalannya bisnis anda. Hubungi kami sekarang dan mari kembangkan bisnis bersama.

 

Jasa Desain Logo dan Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Logo Bandung

HOME   PORTOFOLIO TENTANG KAMI

Jasa Desain Logo Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *