5 Tips Jitu Menang Lomba Desain Logo

Lomba Desain Logo

5 Tips Jitu Menang Lomba Desain Logo – Haloo freelancer, kami tau kalau beberapa dari kalian pasti ada  yang pejuang lomba kaan. Selain bisa menjadi penghasilan sampingan, mengikuti lomba desain logo bisa sebagai ajang mengumpulkan portofolio juga looh.

Kalau kamu sering ikut lomba desain logo tapi susah untuk menang coba simak artikel ini sampai selesai yaa, kami akan membagikan beberapa trik. Trik ini bisa digunakan berdasarkan level desainer pemula hingga professional.

Jika dirasa bermanfaat bisa loh artikel ini dishare agar lebih banyak orang tau.

Baca juga artikel tentang Panduan Membuat Desain Kemasan Produk

Jasa Desain Logo Bandung

Tips Mengikuti Lomba Desain Logo

1. Kenali Potensi Diri

Hal pertama yang perlu kamu pahami adalah bagaimana kekuatan terbesar kamu, seperti yang kita tau kalau desain logo memiliki banyak jenisnya mulai dari mascot, watermark, lettermark, kombinasi dan lainnya.

Usahakan fokus untuk membuat desain dengan style terbaik kamu, jika ingin mencoba hal baru pastikan meminta banyak masukan dari orang yang awam tentang desain. INGAT tidak semua institusi yang menyelenggarakan loma desain logo menghire desainer menjadi jurinya.

Jadi juri terbaik adalah orang yang awam akan desain grafis, bagaimana kesan yang ia lihat dari logo yang kamu buat.

Baca juga artikel tentang Alasan Pentingnya Branding Bisnis Anda

2. Cari Lomba Potensial

Tips yang kedua ini kami khususkan untuk kamu freelancer pemula nih, setelah mengetahui kemampuan kamu coba lah mencari kolam yang tempat untuk berkembang. Jika kamu masih pemula dan langsung terjun ke lomba yang skala besar dengan hadian ratusan juta lebih baik hindari dulu.

Terkadang jika masih pemula mengikuti lomba besar dan kalah akan membuat semangat kamu hilang, lebih baik carilah dulu lomba desain logo dengan skala yang tidak terlalu besar dan sedikit persaingan. Bagaimana caranya ?

Caranya kamu bisa mencari lombanya di Instagram, coba cari #lombadesain atau #sayembaradesain. Carilah postingan dengan jumlah like dan komen sedikit serta hadiah yang tidak terlalu besar. Tipikal lomba seperti ini biasanya hanya sedikit peserta yang ikut.

Tetapi justru malah tempat yang baik bagi kamu pemula yang ingin mencobanya.

Baca juga artikel tentang Makna dan Psikologis Warna Desain Logo Perusahaan

3. Pahami Klien dan Briefing

Sebelum kamu mulai membuat konsep desain logo, pahami dulu brief yang diberikan oleh klien/panitia lomba desain logo. Kebanyakan desainer hanya membuat desain hanya melihat syarat lomba saja tetapi tidak coba memahami bagaimana kliennya.

Cara paling simple adalah dengan melihat website resmi / social media dari klien yang mengadakan lomba. Pahami visi misi, branding bisnis, model desain, dan lainnya. Biasanya dari ini kita akan mendapat sedikit referensi desain seperti apa yang diinginkan oleh klien.

Baca juga artikel tentang 5 Langkah Branding Bisnis Anda

4. Presentasi Desain Menarik

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya kalau klien yang mengadakan lomba tidak selalu menghire desainer sebagai juri lomba desainnya. Untuk itu, berikan penjelasan tentang desain logo yang kamu buat.

Bayangkan seakan-akan kamu sedang mempresentasikan desain logo pada klien besar. Jelaskan makna serta arti dari setiap elemen pada logo dengan simple dan mudah dimengerti, Klien akan senang jika logonya mengandung visi dan misi dari perusahaan.

Agar lebih jelas coba baca artikel berikut ini Cara Presentasi Desain Logo yang Baik dan Menarik

5. Konsisten

Konsistenlah dalam mengikuti lomba desain logo, karena semakin banyak kamu ikut semakin banyak peluang untuk kamu menang. Dalam dunia sales / selling terdapat istilah LOA (Low of Average), maksudnya adalah meningkat kan peluang kemenangan.

Katakanlah peluang kamu menang hanya 1:10, jika kita melihat angkanya pasti kecil sekali dong. Bagimana cara untuk meningkatkan kemenangannya ? dengan mengikuti lebih banyak lomba desian logo, jadi walaupun tingkat kemenangannya hanya 1% tetapi jika mengikuti 100x pasti juga akan banyak.

Jadi jangan nyerah jika hanya kalah 1-2x tanamkan dalam pikiran jika tidak menang bukan berarti desiannya jelek, tetapi desain yang kita buat tidak cocok dengan visi misi dan tujuan dari perusahaan klien.

Baca juga artikel tentang Kategori Jenis Desain Logo

Penutup

Mengikuti Lomba Desain Logo tidak seperti mendapat klien sebenarnya, karena tidak semua klien akan membalas pesan kamu terkait model desian logo seperti apa yang mereka mau. Untuk itu kamu harus pandai-pandai membaca keinginan pemberi lomba.

Tetap konsisten dan jangan menyerah, banyangkan ngikuti lomba adalah ajang kamu untuk latihan desian serta menambah konten portofolio di media social kamu.

Semoga artikal 5 Tips Jitu Menang Lomba Desain Logo ini dapat bermanfaat, bantu share artikel ini agar lebih banyak orang tau. Salam Maju Bareng!

Jasa Desain Logo Bandung dan Jasa Desain Kemasan

Jasa Desain Logo Bandung

HOME   PORTOFOLIO TENTANG KAMI

Jasa Desain Logo Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *