Istilah Desain Grafis Yang Wajib Kamu Tau

Istilah Desain Grafis

Sebagai desainer atau kamu bekerja pada bidang kreatif, kami rasa kamu harus memahami istilah desain grafis yang wajib kamu tau, karena hal ini penting ketika menjlaskan brief untuk marketing pada desain grafis atau sebaliknya.

Baca juga arikel tentang Cara Mendapat Inspirasi Desain Logo dan Mengatasi Art Block

ISTILAH DESAIN GRAFIS

Istilah Desain Grafis

Satu, Typography

Typography merupkan istilah desain grafis untuk komponen atau elemen visual berupa kata-kata yang ditulis di media apapun; koran, kertas, billboard, dll.

Typography memiliki banyak sekali jenisnya mulai dari yang berbentuk tegas atau formal hingga bentuk abstrak berjenis handwritting.

Dua, Lorum Ipsum

Lorum Ipsum merupakan model atau contoh tulisan yang sering digunakan dalam bidang desain grafis. Bisanya lorum ipsum dipakai untuk menunjukan tulisan dalam desain, karena terkadang desainer ingin menunjukan desain dengan tulisan tanpa perlu ada makna dari tulisan tersebut.

Tiga, RGB

RGB merupakan istilah desain grafis singkatan dari red, grey, dan Blue, seringkali warna warna ini digabungkan untuk menghasilkan susunan warna yang lebih luas.

Penggunaan warna RGB biasanya pada desain untuk penggunaan On-screen atau media digital, komputer, tv, smartphone dan lainnya.

Baca juga arikel tentang Makna dan Psikologid Warna Desain Logo Perusahaan

Empat, CMYK

CMYK merupakan singkatan dari cyan, magenta, yellow, dan black. Pengunaan warna CMYK biasanya untuk media fisik atau media cetak, karena dengan menggunakan warna CMYK warna desainmu akan lebih tajam ketika dicetak.

Baca juga arikel tentang Cara Merubah Mode Warna Otomatis Corel Draw Terbaru

Lima, Bitmap dan Vektor

Bitmap adalah istilah desain grafis untuk suatu gambar yang terbentuk dari banyak titik dengan campuran warna pada komputer,

Umumnya gambar bitmap memiliki ukuran panjang dan lebar berbentuk pixel dengan jumlah bit. Format bitmap seperti JPEG, BMP, GIF, dan PNG.

Sedangkan vektor adalah istilah desain grafis dari gambar yang terbuat dari beberapa titik dan garis, penggunaan desain vektor dapat menambahkan serta menghilangkan elemen seperti ketebalan garis, warna, objek dan elemen lainnya.

Enam, DPI dan PPI

DPI dan PPI merupakan singkatan yang digunakan untuk menggambarkan resolusi dari gambar. DPI adalah singkatan dari dot per inch menggambarkan jumlah titik per inci dari suatu gambar, semakin tinggi nilai DPI semakin baik kualitasnya, dan Standar DPI printing adalah 3000 DPI.

PPI  adalah pixel per inch menggambarkan jumlah pixel per inci dalam suatu gambar, jika kamu memperbesar suatu gambar di Photoshop, maka itu mengurangi jumlah PPI dan kualitas gambarmu akan menurun.

DPI dan PPI hanya untuk gambar bitmap tidak untuk gambar vektor.

Ketujuh, Grid

Grid adalah serangkaian garis vertikal dan horisontal yang berpotongan dengan skala tertentu, hal ini digunakan untuk kerangka desain dalam mengatur dan membuat desain. Penggunaan grid dapat memudahkan dalam mengatur komposisi dari suatu desain.

Kedelapan, Hex

Hex merupakan istilah desain grafis yang berisi enam digit nomer yang digunakan pada aplikasi HTML, CSS, dan aplikasi desain untuk mempresentasikan warna.

Setiap monitor memiliki kuatlitas berbeda dalam menunjukan warna, untuk itu penggunaan kode hex dapat membantu dalam menggunakan warna secara konsisten.

Kesembilan, Palette

Palette adalah suatu group warna yang digunakan untuk membuat desain atau ilustrasi. Selain digunakan sebagai brand guidelines palette juga digunakan untuk mengatur warna dalam desain agar lebih harmonis dalam pembuatannya.

Kesepuluh, Hue

Hue hampir sama dengan hex yaitu cara untuk mendeskripsikan suatu warna, contohnya hitam, putih, merah maroon, biru langit, dan sebagainya. Jika hex menunjukan warna dengan kode hue lebih kepada nama dari warna tersebut.

Kesebelas, Opacity

Opacity merupakan istilah desain grafis untuk membuat elemen warna menjadi lebih transparan, semakin kecil angka opacity semakin transparan elemen tersebut. Penggunaan 100% opacity artinya elemen tersebut memiliki warna yang paling solid.

Keduabelas, Monochrome

Monochrome merupakan istilah desain grafis untuk menunjukan skema warna dengan menggunakan satu warna saja, akan tetapi kamu dapat mengatur komposisi warna terang dan gelap agar desain terlihat lebih menarik.

Baca juga arikel tentang Makna Desain Logo Perusahaan Besar yang Tidak Anda Ketahui

Ketigabelas, Hierarki

Hierarki dalam desain berbeda yaa dengan istilah dasar, karena hierarki ini tidak mewakilkan sistem kekuasaan. Akan tetapi lebih kepada penggunaan tingkatan elemen dari desain.

Contohnya dalam membuat desain layout brosur ada penggunakan hierarki pada tulisan, penggunaan ukuran / jenis font yang berbeda pada bagian judul, sub judul, atau paragraf isi.

Keempatbelas, Kerning

Kering merupakan istilah desain grafis untuk menunjukan jarak antara huruf dari tulisan, jadi kamu bisa memperlebar atau mempersempit tulisan dari bagian kiri dan kanan.

Kelimabelas, Leading

Hampir serupa dengan kerning akan tetapi leading merupakan istilah desain grafis yang menunjukan jarak antar tulisan bagian atas dan bawah. Jadi kamu bisa mengatur jarak antar satu baris tulisan di suatu paragraf.

Baca juga artikel tentang Sejarah Desain Grafis dan Perkembangannya

PENUTUP

Memahami istilah desain grafis akan membuat kamu lebih mudah menyampaikan sesuatu pada desainer, ini hanya beberapa istilah dasar yang paling sering digunakan, akan tetapi sebenarnya ada banyak sekali istilah desain yang berbeda arti dengan kata pada umumnya.

Jasa Desain Logo dan Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Logo Bandung

HOME   PORTOFOLIO TENTANG KAMI

Jasa Desain Logo Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *