Kenali 9 Jenis Desain Grafis di Masa Kini

Kenali 9 Jenis Desain Grafis di Masa Kini

Kenali 9 Jenis Desain Grafis di Masa Kini – Berkembangnya kebutuhan akan visual serta semakin canggihnya teknologi, membantu desainer dalam berkarya membuat kamajuan besar dalam desain grafis.

Saat ini terdapat 9 Jenis Desain Grafis dengan tujuan dan fokus yang berbeda-beda. Walaupun terkadang perusahaan memberi syarat bahwa desainer grafis harus memiliki banyak skill, nyatanya satu desainer grafis tidak bisa mengusasai seluruhnya secara bersamaan.

Artikel ini akan membahas tentang 9 jenis desain grafis, jika anda ingin menjadi desainer cobalah untuk berfokus pada salah satu dari kategori ini.

Baca juga artikel tentang 5 Langkah Branding Bisnis Anda

10 Jenis Desain Grafis dan Penjelasannya

1. Desain Grafis Visual Identity

Visual identity atau identitas visual tidak hanya mendesain logo saja, tetapi lebih kepada sistem komunikasi visual untuk membangun identitas untuk perusahaan, lembaga, atau badan tertentu.

Untuk mendalami visual identity membutuhkan riset yang mendalam, membuat gaya desain dengan ciri khas menarik dan yang beda dari kompetitor. Desainer harus bisa menyampaikan apa yang diinginkan oleh perusahaan pada pelanggan/audiens.

Baca juga artikel tentang Ketahui 7 Aplikasi untuk Desain Grafis Terbaik Android dan PC

2. Desain Grafis Ilustrator

Ilustrator merupakan desainer yang berfokus pada bentuk-bentuk visual yang merupakan gambaran, berfokus pada objek dari pada tulisan. Mungkin ini adalah kategori desainer grafis yang mendekati seni murni.

Desainer ilustrasi banyak diminati karena orang akan lebih senang melihat gambar dari pada tulisan, tetapi desainer ini memiliki kesulitan harus bisa membuat gambar yang bisa dimengerti oleh audiensnya.

Baca juga artikel tentang Alasan Pentingnya Branding Bisnis And

3. Advertising Desainer

Desainer grafis yang berfokus pada advertising membuat desain yang berhubungan dengan materi promosi dan periklanan. Tidak hanya promosi secara online saja tetapi juga secara offline, jadi sedikit banyak harus mengerti masalah percetakan juga.

Salah satu tingkat kesulitan dari desain grafis advertising adalah bagaimana cara membuat desain yang persuasif, tujuannya untuk agar audiensnya dapat mempertimbangkan untuk membeli produk/jasa yang diiklankan.

Baca juga artikel tentang 6 Tips Strategi Instagram Marketing Bisnis Online Kamu

4. Motion Graphic Desainer

Motion graphic merupakan desain grafis yang bergerak (motion), desainer harus mempu mengolah elemen grafis yang dapat bergerak. Tidak hanya sebatas seperti film kartun, tetapi bisa juga pada produk atau elemen lainnya.

Motion graphic terkadang dituntut untuk ahli juga dalam ilustrasi, adversiting dan visual identity. Software yang umum digunakan adalah kombinasi dari adobe illustrator dan motion graphic.

Baca juga artikel tentang Istilah Desain Grafis Yang Wajib Kamu Tau

5. Desain Animasi

Jenis desainer grafis yang berfokus pada animasi baik itu 2D, 3D, bahkan VR (Virtual Reality). Desain yang sering dibuat oleh animator adalah desain karakter, aset grafis, hingga ke texture agar kualitas grafisnya memanjakan mata.

animator adalah pondasi saat membuat desain, video, atau game. Software yang sering digunakan untuk animasi salah satunya adalah blender.

Baca juga artikel tentang Makna dan Psikologis Warna Desain Logo Perusahaan

6. Desain Grafis UI (Using Interface)

Desain UI dan UX sering kali disandingkan tetapi ini adalah kedua hal yang berbeda. UI berfokus pada tampilan antarmuka, umumnya untuk tampilan aplikasi atau website. Tujuan dari UI adalah mempercantik tampilan website/aplikasi dengan segala konten tombol, gambar, tulisan dan sebagainya.

Tampilan utama dari website haruslah memanjakan mata sehingga audiensnya tidak bosan membuka aplikasi/website tersebut.

Baca juga artikel tentang Pengaruh Warna Terhadap Penjualan Produk Anda

7. Desain Grafis UX (Using Experience)

Berbeda dengan UI yang berfokus pada tampilan, jenis desain grafis UX berfokus pada riset dan pengalaman membuat tampilan antar muka yang mudah dimengerti oleh audiensnya. Mengatur elemen-elemen desain sesuai dengan skema pikiran audiensnya.

Stave Jobs pernah bilang bahwa produk apple harus bisa digunakan oleh guru hingga tukang sapu jalanan, artinya tampilannya harus sesederhana mungkin sehingga mudah dimengerti.

Baca juga artikel tentang Sejarah Desain Grafis dan Perkembangannya

8. Desain Grafis Typography

Jenis desain grafis yang berfokus pada pembuatan typography atau tulisan, semakin tingginya kebutuhan akan desain membuat font dapat dijual dengan mudah saat ini tidak terbatas hanya bawaan dari windows / linux.

Typography juga saat ini sudah memiliki banyak kategori mulai dari yang formal, handwritting, retro, vintage dan kategori lainnya.

Baca juga artikel tentang Kategori Jenis Desain Logo

9. Fullstack Desain Grafis

Fullstack Desainer merupakan sebutan baru untuk salah satu jenis desainer grafis, desainer dituntut untuk bisa banyak hal. Apa saja itu ? Fullstack desainer harus bisa UI, UX, dan front end developer.

Desainer ini harus bisa membuat aplikasi/website dari nol, mengerti tentang coding seperti html dan CSS lengkap dengan tampilan visual yang baik dan mudah digunakan.

Baca juga artikel tentang Jasa Desain Profesional Demi Perkembangan Bisnis

Penutup

Pilihan berkarir menjadi jenis desain grafis yang mana, ya ada pada anda sendiri. Apakah akan menjadi ahli dalam salah satu jenis atau memilih untuk menguasai beberapa jenis tetap sah-sah saja.

Setiap dari pilihan itu tetap memiliki pasarnya masing-masing, Semoga artikal Kenali 9 Jenis Desain Grafis di Masa Kini ini dapat bermanfaat, bantu share artikel ini agar lebih banyak orang tau. Salam Maju Bareng!

Jasa Desain Logo Bandung dan Jasa Desain Kemasan

Jasa Desain Logo Bandung

HOME   PORTOFOLIO TENTANG KAMI

Jasa Desain Logo Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *