Tips Memilih Nama Bisnis / Merek Usaha Anda

Tips Memilih Nama Bisnis

Tips Memilih Nama Bisnis Anda – Terkadang saat memulai usaha salah satu hal yang membingunkan adalah mencari nama untuk bisnis kita, apa lagi untuk kamu yang langsung akan membuat brand skala besar, karena banyak juga pertimbangan yang harus dipikirkan.

Dalam artikel ini kami akan memberi tau bagaimana tips memilih nama bisnis / merek usaha anda. Share artikel ini agar lebih banyak orang tau.

Baca juga artikel tentang Cara Membuat CV Lamaran Kerja Agar Dilirik HRD

HAL PENTING DALAM MEMILIH NAMA BISNIS

Sebelum ke proses pemilihan nama ada beberapa hal yang harus kamu pahami dulu terutama jika kamu ingin mendaftarkan nama merk kamu secara resmi. Kamu bisa mendaftarkan merk bisnis kamu melalui DIRJEN HAKI (direktorat jendral kekayaan dan intelektual).

Dengan mendaftarkan merk kamu maka hak paten maupun hak merk yang dimiliki oleh perusahaan akan dilindungi dan memberikan payung hukum terhadap perusahaan.

BRAINSTORMING

Sebelum masuk pada Tips Memilih Nama Bisnis mari kita bahas terlebih dahulu syarat nama bisnis yang baik seperti apa, karena ini dapat membuat proses brainstorming kamu lebih terarah.

1. Pilih Nama Yang Catchy

Pemilihan nama bisnis yang catchy atau mudah menarik perhatian dan mudah diingat akan memberikan kelebihan pada bisnis kamu, karena nama yang unik akan lebih mudah tertanam dipikiran audiens. Sehingga ketika mereka membutuhkan jenis produkmu yang terbayang pertama adalah nama bisnis kamu.

Baca juga artikel tentang Panduan Membuat Desain Kemasan Produk

2. Mudah Diucapkan

Biasanya nama yang sulit diucapkan akan sulit juga untuk diingat, jadi pemilihan nama dengan bahasa yang keren saja tidak melulu baik untuk digunakan. Jika kita melihat dari brand-brand besar saat ini rata-rata mereka menggunkan 2-4 suku kata dalam merk mereka.

3. Cari Pembeda Dengan Kompetitor

Memilih nama yang mirip dengan kompetitor atau plesetan dari nama kompetitor tidak melulu berjalan dengan baik, karena kebanyakan mereka yang membuat mirip dengan kompetitor tidak memiliki identitas bisnis yang kuat.

Baca juga artikel tentang Cara Membuat Desain Company Profile Menarik

4. Be Creative

Perluas prespektif kamu untuk mencari gabungan dari kata-kata yang uniik, catchy, dan dapat merepresentasikan bisnis kamu.

Proses Brainstorming memanglah tidak mudah untuk itu lebih baik dilakukan dengan cara berdiskusi. Buatlah list nama-nama merk / kata yang ingin kamu masukan lalu kombinasikan sampai ketemu nama yang cocok, perbanyak juga referensi backstory dari alasan brand-brand besar memilih nama.

TIPS MEMLIH NAMA BISNIS / MEREK USAHA KAMU

Sekarang kita masuk pada Tips Memilih Nama Bisnis, berikut kita berikan 4 cara yang dapat membantu kamu memlih nama bisnis.

1. Nama Orang

Menggunakan nama pemilik sebagai nama brand banyak digunakan oleh berbagai jenis bisnis. Keuntungan menggunakan nama pribadi dapat meningkatkan brand secara bisnis maupun personal.

Contoh nama bisnis seperti Sambal Bu Rudy, Sate Pakpong, Gudeg Yudjum, bahkan perusahaan sekelas Ferrari serta Ford memilih nama dari pemiliknya tersebut.

Baca juga artikel tentang Alasan Pentingnya Branding Bisnis Anda

2. Nama Produk

Penggunaan nama produk dalam bisnis kamu memiliki keunggulan dalam sisi kemudahan search engine menemukan kamu melalui internet, karena ketika orang tidak tau ingin membeli suatu produk dari brand yang mana mereka hanya akan mengetik nama produknya saja.

Contoh penggunaan nama ini seperti Bakso Jawara, Mie Ayam Legenda, Kentucky Fried Chicken (KFC), Pizza Hut, Burger King.

Baca juga artikel tentang 6 Tips Strategi Instagram Marketing Bisnis Online Kamu

3. Nama Unik atau Filosofis

Tips memilih nama bisnis berikutnya dengan menggunakan nama unik atau filosofis, dengan menggunakan suatu kata yang unik dan memiliki makna sesuai dengan bidang bisnis/nilai yang dianut oleh bisnis kamu. Keunggulan dari menggunakan nama unik adalah dapat lebih mudah untuk diingat.

Contoh bisnisnya adalah Nike yang berarti dewi kemenangan, Fanta berasal dari kaya fantasie yang berasal dari bahasa jerman berarti imajinasi. Janji Jiwa (brand kopi).

Baca juga artikel tentang 5 Cara Memulai Bisnis Online Shop dengan Mudah

4. Nama Singkatan

Nam ini sebenarnya dapat merupakan kombinasi dari jenis nama sebelumnya dan dibuat singkatan. Keunggulannya sama seperti jenis nama unik karena dapat lebih mudah untuk tertanam dalam pikiran pelanggan.

Contoh penggunaan jenis ini adalah ADIDAS (singkatan dari nama owner Adolf Adi Dassler), Twitter (Typing What I’m Thinking To Everyone Reading), Unilever (hasil marger dari 2 perusahaan yaitu margarine unie asal belanda dengan lever brothers asal inggris), Uniqlo (unique clothing).

Baca juga artikel tentang Perbandingan Modern dan Tradisional Marketing

Penutup

Sekian adalah tips memilih nama bisnis dari kami, jangan lupa untuk selalu mengecek merk yang sudah kamu buat diinternet atau website dirjen HAKI sebelum launching, karena jika sudah mulai kan ribet kalo harus ganti lagi.

Semoga artikal Tips Memilih Nama Bisnis / Merek Usaha Anda ini dapat bermanfaat, bantu share artikel ini agar lebih banyak orang tau. Salam Maju Bareng!

 

Jasa Desain Logo Bandung dan Jasa Desain Kemasan

Jasa Desain Logo Bandung

HOME   PORTOFOLIO TENTANG KAMI

Jasa Desain Logo Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *