Tutorial Membuat Skema Warna Pada Desain

Membuat Skema Warna Pada Desain

Tutorial Membuat Skema Warna Pada Desain – Demi membuat desain yang menarik permainan warna harus teratur sedemikian rupa agar terlihat menarik. Beberapa desainer dapat memilih warna secara acak mencari yang cocok, tetapi tau kah kamu bahwa ada satu cara yang populer bagi desainer untuk memilih warna ?.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara untuk membuat skema warna pada desain dengan teknik Color Wheel, kalau mau tau baca artikel ini sampai selesai yaa.

Apa Itu Colour Wheel

Membuat Skema Warna Pada Desain

Kelompok warna Colour Wheel

Colour Wheel atau roda warna merupakan kumpulan warna yang saling berhubungan, dapat terlihat dari gambar bahwa ada 3 kelompok warna. Warna-warna tersebut terdiri dari warna utama dan warna-warna turunannya.

Kelompok warna primer (Merah, Kuning, Biru). sekunder/turunan pertama (oranye, hijau, dan ungu). Tersier/turunan ketiga (kuning hijau, biru hijau, violet biru, violet merah, oranye merah, dan oranye kuning).

Membuat skema warna pada desain dengan colour wheel dapat menghasilkan 6 metode yaitu Complementary, Monochromatic, Analogous, Split Complementary, Triadic, dan Tetradic.

Baca juga artikel tentang Hal Penting Dalam Pembuatan Brosur Wajib Anda Ketahui

Complementary

Membuat Skema Warna Pada Desain

Pada skema warna complementary (komplementer) menggunakan 2 warna yang saling berlawanan pada colour wheel, kamu bebas untuk mengatur garisnya sesuai dengan keinginan kamu.

Baca juga artikel tentang Cara Membuat Desain Company Profile Menarik

Monochromatic

Membuat Skema Warna Pada Desain

Skema warna monochromatic (monokrom) dari colour wheel hanya menggunakan 1 warna saja. Tetapi, setelah itu kamu bisa membuat 3/4 warna lain dari 1 warna itu.

Variasi warna lainnya dipilih dengan mengatur tint, shade, dan tonenya. Kamu dapat menambah gelap/terang warna tersebut.

Baca juga artikel tentang Perbandingan Modern dan Tradisional Marketing

Analogous

Membuat Skema Warna Pada Desain

Pada skema warna analogous (analog) menggunakan warna yang berdekatan atau bersampingan pada colour wheel. Kamu dapat menggunakan 2 atau 3 warna menyesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga artikel tentang Pengaruh Warna Terhadap Penjualan Produk Anda

Split Complementary

Jasa Desain Logo Bandung

Skema warna split complementary (komplementer terpisah) menggunakan 3 warna dari clour wheel. Variasi warna ini mirip dengan complementary akan tetapi salah satu bagiannya ada yang split atau terpisah.

Baca juga artikel tentang Cara Presentasi Desain Logo yang Baik dan Menarik

Diadic

Jasa Desain Logo Bandung

Skema warna diadic menggunakan 2 warna pada colour wheel yang dengan jarak 1 warna. artinya warna yang pilihanmu harus  berselang 1 korak seperti dalam gambar.

Baca juga artikel tentang Jasa Desain Profesional Demi Perkembangan Bisnis

Triadic

Jasa Desain Logo Bandung

 

Pada skema warna triadic (segitiga) pemilihan warna menggunakan pola segitiga sama sisi pada colour wheel, menggunakan 3 warna dengan jarak yang sama.

Baca juga artikel tentang Makna dan Psikologis Warna Desain Logo Perusahaan

Tetradic

Jasa Desain Logo Bandung

Pada skema warna tetradic (segi empat) menggunaan pola persegi pada colour wheel. kamu bisa mengatur apakah bentuk persegi atau persegi panjang seperti pada gambar.

Baca juga arikel tentang Cara Merubah Mode Warna Otomatis Corel Draw Terbaru

Penutup

Membuat skema warna pada desain memang tidak mudah, karena bagi desainer saja terkadang membutuhkan waktu lama untuk melatih olah rasa dalam menentukan warna. Cara dalam artikel ini bisa kamu gunakan sebagai latihan saat membuat desain.

Sekian artikel Tutorial Membuat Skema Warna Pada Desain dari kami semoga bermanfaar, share artikel ini agar lebih banyak orang tau yaa. dan jika kamu membutuhkan jasa desain bisa hubungi kami melalui Whatsapp, Salam Maju Bareng!.

Jasa Desain Logo Bandung dan Jasa Desain Kemasan

Jasa Desain Logo Bandung

HOME   PORTOFOLIO TENTANG KAMI

Jasa Desain Logo Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *